Rumah Pancasila Sidoarjo Gelar Sosialisasi Pendidikan Pilkada Serentak 2024 Bagi Kelompok Masyarakat


Sosialisasi  pendidikan untuk pilkada serentak 2024 bagi kelompok masyarakat khususnya di kabupaten  Sidoarjo.foto:tri

SIDOARJO||KABARZINDO.com- Dalam rangka memastikan suksesnya Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak tahun 2024, Rumah Pancasila bersama KPUD Kabupaten Sidoarjo, 
 menggelar kegiatan sosialisasi  pendidikan untuk pilkada serentak 2024 bagi kelompok masyarakat khususnya di kabupaten  Sidoarjo.

 Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam demokrasi dan memberikan pemahaman yang lebih baik tentang hak dan kewajiban sebagai pemilih.

Acara yang diselenggarakan di warung Sego Penyet Dermaga Gajah Magersari Sidoarjo Ini,  di hadiri beberapa narasumber diantaranya, Dr Jamil M.Hum, M.Ali Subhan S.Ag selaku tokoh agama dan masyarakat serta Haidar Munjid Komisioner KPU Sidoarjo, Devisi Teknik Penyelenggara serta hadir pula berbagai kalangan masyarakat, termasuk perwakilan dari kelompok pemuda, organisasi masyarakat, dan insan pers,dengan jumlah undangan sebanyak 75 peserta, Sabtu (7/9/2024) pagi.

Para peserta diberikan informasi mengenai proses Pemilu, hak dan tanggung jawab sebagai pemilih, serta pentingnya partisipasi aktif dalam proses demokrasi.

 Komisioner KPU Kabupaten Sidoarjo,Haidar Munjid menyampaikan, "Kegiatan sosialisasi dan pendidikan pemilih ini merupakan bagian dari upaya untuk menciptakan Pemilu yang berjalan dengan lancar dan adil. Kami ingin masyarakat memiliki pemahaman yang baik tentang proses Pemilu sehingga dapat menggunakan hak pilihnya secara bijaksana.Ada berapa tahapan yang akan di lakukan mulai dari pendaftaran hingga penghitungan suara.

 Kami memastikan jajaran KPU kabupaten Sidoarjo, dari PPK dan PPS memastikan kesiapan sebagai penyelenggara Pemilu karena jadwal semakin padat diharapkan jangan tumpang tindih undangan, ataupun tumpang tindih kegiatan. Harapannya PPK dan PPS bisa menyampaikan hari Pemungutan suara pada 27 November 2024 mendatng Harapan kita Pilkada 2024 di Sidoarjo, bisa berjalan dengan baik, aman, lancar, kondusif serta sukses.Karena pemilu sebagai sarana integrasi bangsa," ungkapnya di depan para peserta.

Sementara itu Sekretaris Rumah Pancasila Sidoarjo,Abah Sujani S.sos mengajak menekankan pentingnya adanya suatu pendidikan bagi kelompok masyarakat juga keamanan dalam proses Pemilu.
Rumah Pancasila adalah tempat untuk meyalurkan inspirasi masyarakat terutama mengajak masyarakat untuk berperan aktif dalam mensukseskan pilkada di kabupaten Sidoarjo, dan memastikan keamanan dan ketertiban selama pemilihan berlangsung.

" Kami mengajak masyarakat untuk mendukung pelaksanaan Pemilu dengan tetap menjaga kerukunan dan perdamaian di lingkungan sekitar.Berkampanyelah yang baik dan tidak saling menjatuhkan. Rumah Pancasila adalah rumah terakhir untuk menyelesaikan atau memberikan solusi terkait persoalan yang mungkin muncul atau terjadi,"tegas Sujani di depan para awak media.

Kegiatan sosialisasi dan pendidikan pemilih ini diharapkan dapat memberikan dampak positif dalam meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat Kabupaten Sidoarjo dalam proses Pemilu Serentak tahun 2024. Semua pihak diingatkan untuk berperan aktif dalam menjaga proses demokrasi demi terciptanya Pemilu yang adil dan berkualitas.

Reporter:tri


 

Hosting Unlimited Indonesia
Hosting Unlimited Indonesia
Hosting Unlimited Indonesia