Siap Siaga Hadapi Bencana Gempa Bumi, BPBD Kota Kediri Gelar Simulasi di Pusat Perbelanjaan


foto:ist

KEDIRI||KABARZINDO.com-Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Kediri melakukan simulasi kesiapan siagaan Penanganan Bencana gempa bumi di pusat perbelanjaan Kediri Town Square (Ketos), Kamis (16/112023).

Kegiatan tersebut melibatkan berbagai unsur seperti TNI, Polri, Damkar, PMI, Puskesmas, Rumah Sakit, Rumah Zakat, Komunitas/Ormas, relawan, serta beberapa OPD di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Kediri.

Berbagai kondisi diperagakan oleh para regu penyelamat, mulai dari penyelamatan korban dari atas gedung, penanganan ketika eskalator mati, penggunaan tangga darurat hingga pertolongan pertama oleh tim medis.


"Kurang lebih ada sekitar 8 hingga 10 adegan (kondisi darurat) yang telah kita siapkan (Untuk diperagakan) " ujar Kepala Pelaksana BPBD Kota Kediri, Indun Munawaroh, ketika dikonfirmasi awak media.

Indun menyebut, kegiatan simulasi dengan melibatkan pihak swasta ini merupakan kali pertama dilakukan BPBD Kota Kediri. Kegiatan ini, kata Indun, dimaksudkan untuk meningkatkan kesiapsiagaan  pusat perbelanjaan dalam menghadapi tanggap  darurat bencana.

"Ini adalah pilot project pertama kita bekerja sama dengan pusat perbelanjaan, mungkin ada banyak kekurangan di sana-sini. Tapi saya sudah sampaikan kepada pihak mall bawah simulasi ini harus secara rutin dilakukan, minimal dua kali dalam setahun, supaya ketika terjadi keadaan darurat pihak mall bisa melakukan penanganan darurat secara mandiri sambil menunggu tim evakuasi" Terang Indun

Disinggung terkait potensi bencana gempa bumi di Kota Kediri, Perempuan enerjik itu mengatakan bahwa, potensinya ralatif kecil, tatapi kesiapsiagaan dan kewaspadaan mutlak diperlukan.

"Secara historis resikonya memang cukup kecil, tapi namanya kesiapsiagaan dan waspada harus. Karena bencana gempa tidak pernah bisa kita prediksi" lanjutnya.

Sementara itu, Mall Manager Ketos Aan Tri Ayuni, ketika dikonfirmasi mengungkapkan, pihaknya merasa senang bahwa Kediri Town Square menjadi tempat pertama digunakan untuk Simulasi Penanganan Bencana Gempa Bumi. 

"Dengan adanya simulasi ini,  pengunjung dan tenant bisa belajar cara menyelamatkan diri jika ada bencana alam" katanya.

Sebelum simulasi digelar, kegiatan ini diawali oleh Apel bersama yang di pimpin oleh PJ Walikota Kediri Zanariah dan diikuti oleh Forkompinda Kota Kediri.



 

Hosting Unlimited Indonesia
Hosting Unlimited Indonesia
Hosting Unlimited Indonesia