Peresmian Soewandhie Oncology Center Dan Gedung Grha Adyatma


Pusat pelayanan kanker terpadu Soewandhie Oncology Center hadir di kota Surabaya.foto:bs

SURABAYA||KABARZINDO.com-pusat pelayanan kanker terpadu Soewandhie Oncology Center hadir di kota Surabaya Setelah menanti proses pembangunan yang memakan waktu hampir empat tahun lamanya,diresmikan,Kamis (16/11/2023).

Layanan Soewandhie Oncology Center tersebut terpusat di Gedung Grha Adyatma RSUD dr. Mohamad Soewandhie. pengidap kanker dapat menjalani perawatan dengan fasilitas radioterapi.

drg. Yuli Astuti Saripawan Direktur Pelayanan Kesehatan Rujukan Kementrian Kesehatan RI mengatakan,Kanker merupakan sepuluh besar penyakit yang menjadi penanganan prioritas di Tanah Air.

kanker menjadi prioritas lantaran sejumlah aspek. Mulai dari angka kematian yang masih tinggi. Hingga beban pembiayaan yang terbilang lumayan besar.

Sehingga dengan kehadiran Soewandhie Oncology Center ini diharapkan dapat menjadi pusat layanan kanker yang bisa melakukan penanganan sedari dini mungkin sampai proses pelayanan lebih lanjut. Dengan begitu, maka tingkat kematian bisa ditekan.

“Jangan sampai (pasien) datang ketika sudah stadium 4. Sehingga produktivitasnya terganggu,” ungkap drg. Yuli Astuti.

drg. Yuli Astuti berusaha mendorong pihak RSUD dr. Mohamad Soewandhie untuk segera melakukan teken kerjasama dengan BPJS. Agar jaminan kesehatan bagi masyarakat pengidap kanker bisa terealisasi.

“Biaya BPJS mahal banget untuk ini (kanker). Sehingga kami memprioritaskan agar bisa ter-cover,” jelasnya.

Staf Ahli Wali Kota Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia Fauzie Mustaqiem Yos dalam sambutannya mengatakan, Soewandhie Oncology Center menjadi harapan baru untuk meningkatkan kualitas hidup bagi masyarakat yang membutuhkan.

Layanan one stop service oncology, kata Yos, dinilai bisa memberikan layanan dan pengobatan kanker secara lengkap. Tidak parsial.

Sehingga masyarakat cukup datang ke RSUD dr. Mohamad Soewandhie, tanpa kemudian dilempar ke rumah sakit atau fasilitas kesehatan lainnya lainnya.

Lanjutnya,“Masyarakat bisa mengakses informasi, hingga melakukan skrining terkait kanker,” sambung dia.

Ia kemudian menyebut, hal ini bukan hanya kemajuan pada bidang kesehatan. Namun, juga menjadi kemajuan bagi pelayanan publik. Yang mana bisa memangkas daftar tunggu pelayanan kanker di Kota Pahlawan.

Diketahui, Soewandhie Oncology Center memiliki sejumlah fasilitas layanan penanganan penyakit kanker. Utamanya soal radiologi. Tersedia ruangan penyinaran, CT simulator, linac, hingga brakhiterapi.

Reporter:Bs


 

Hosting Unlimited Indonesia
Hosting Unlimited Indonesia
Hosting Unlimited Indonesia