Logistik Pemilu 2024 Mulai Tiba di Kota Kediri

Kabar Politik
FOTO :KPU  Kota Kediri, mulai menerima logistik pemilu 2023 berupa Bilik suara.(ft/Rohmad).

KEDIRI||KABARZINDO.com-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kediri menerima logistik pemilu 2023 berupa Bilik suara pada minggu (05/11/2023) dini hari.

Bilik suara sejumlah 1.990 buah itu diterima oleh wahyudi anggota KPU Kota Kediri beserta sekretaris Fany Wijayanto dan kasubag Keuangan umum logistik Ermawanto di gudang KPU Kota Kediri Jalan tengku Umar nomor 40 Kelurahan Ngadirejo Kota Kediri. 

Penerimaan itu juga disaksikan oleh Ketua Bawaslu Kota Kediri Yudi Agung Nugraha beserta anggota serta dari pihak kepolisian.

"Saat ini masih kita terima 1.990 buah dari kebutuhan 3.424 buah. Kekurangan dan jenis logistik lainnya akan diterima pada pengiriman tahap berikutnya" ujar Wahyudi 

Sesuai PKPU 14 Tahun 2023 tentang perlengkapan pemungutan suara, dukungan perlengkapan lainnya dan perlengkapan pemungutan suara lainnya disebutkan bahwa, bilik pemungutan suara digunakan untuk menjamin kerahasiaan Pemilih dalam melakukan pemungutan suara, adapun jumlah bilik pemungutan suara disediakan sebanyak 4 (empat) buah pada setiap TPS.

Mengacu pada PKPU tersebut maka kebutuhan Bilik suara untuk KPU Kota Kediri sejumlah 3.424 buah untuk 856 TPS.

"Terkait dengan proses pengadaan logistik Pemilu 2024, prosesnya ada yang dilaksanakan oleh KPU RI, ada yang oleh KPU Provinsi dan ada yang dilaksanakan oleh KPU Kabupaten/Kota.
Adapun untuk Bilik suara, proses pengadaannya oleh KPU RI," terang Wahyudi 

Dalam pengadaan Logistik Pemilu 2024, kata Wahyudi, harus dilaksanakan dengan prinsip tepat jenis, tepat waktu, tepat kualitas, tepat sasaran dan tepat biaya.

"Untuk menjamin hal tersebut, proses pengadaan menggunakan e-katalog dan  menggunakan Sistem Informasi Logistik (Silog) untuk proses pencatatan, monitoring, pengembangan, pemeliharaan dan bisnis proses" lanjutnya.

Disinggung mengenai bahan yang digunakan, Wahyudi menyebut, Bilik suara berbahan karton dupleks kedap air dengan ketebalan minimal 6 milimeter.

"Karton mas, bukan kardus" kata Wahyudi ketika dikonfirmasi melalui pesan singkat pada minggu siang.

Reporter:Rohmad


 

Hosting Unlimited Indonesia
Hosting Unlimited Indonesia
Hosting Unlimited Indonesia