Jelang Musim Hujan,Warga RW 02 Bersihkan Selokan Air Yang di Hadiri Kepala Desa Buduran


warga RT 04 dan RT 05 bergotong-royong bersihkan selokan air yang berada di lingkungan RT 04, dan RT 05, Minggu (5/11/2023) pagi.

SIDOARJO||KABARZINDO.com-  Menjelang datangnya musim hujan, warga RW 02 Desa Buduran Kabupaten Sidoarjo, yang terdiri dari warga RT 04 dan RT 05 bergotong-royong bersihkan selokan air yang berada di lingkungan RT 04, dan RT 05, Minggu (5/11/2023) pagi.

Ketua RW, dan Ketua RT bersama warga tampak kompak bahu membahu membersihkan saluran air yang penuh dengan tanah dan sampah yang mengganggu aliran air tidak lancar.

Mengingat musim hujan akan datang, selokan air harus bersih agar air yang mengalir bisa lancar. 


Dalam giat tersebut tampak terlihat Kepala Desa Buduran M. Arifin berbaur bersama warga  ikut membantu membersihkan selokan air. 

Kepala Desa Buduran M. Arifin mengatakan untuk meminta masyarakat membersihkan saluran air di lingkungan masing-masing. 

"Saya harap kepada semua warga Desa Buduran punya inisiatif untuk membersihkan lingkungan masing-masing agar tidak berdampak banjir," ucap M. Arifin usai meninjau saluran air di lingkungan RW 02 Desa Buduran. 

Ia juga mengajak warga untuk peduli lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan, terutama ke saluran air. 


Sementara itu Ketua RW 02  Dusun Sawahan Desa Buduran, Tri Agust  mengatakan, pembersihan saluran air memang sudah direncanakan sebelumnya karena banyaknya tumpukan material tanah disekitar saluran air.

“Tumpukan material tanah ini dikhawatirkan akan menghambat aliran air yang dapat mengakibatkan air naik kepermukaan dan mengakibatkan banjir, apalagi nanti pada musim hujan datang ,” terangnya.

Oleh karenanya, ia bersama warga kompak untuk turun membersihkan gorong-gorong dan saluran air bersama-sama.

"Pihaknya akan terus mengajak warga untuk menjaga kebersihan lingkungan minimal tidak membuang sampah di sekitar sungai maupun saluran irigasi yang dapat mengganggu kelancaran aliran air," Ungkapnya.

Reporter: red


 

Hosting Unlimited Indonesia
Hosting Unlimited Indonesia
Hosting Unlimited Indonesia