Ada Aksi Apa Dengan Tanggal 26 November 2023 di Jembatan Sepanjang Berikut Penjelasannya


sarasehan sejarah mengenang  pengorbanan Heroik Mayor Hasanuddin Sadik. Selasa (7/11/2023) malam.foto:bs

SURABAYA||KABARZINDO.com- Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan,Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kalurahan (LPMK)karang pilang kecamatan karang pilang menggelar sarasehan sejarah mengenang  pengorbanan Heroik Mayor Hasanuddin Sadik. Selasa (7/11/2023) malam.

Bertempat di pendopo kelurahan karang pilang jl ksatria no 10 Surabaya, di gelar sarasehan mengupas sejarah pertempuran hancurnya jembatan sepanjang yang menghubungkan karang pilang dan sepanjang Surabaya  atas pengorbanan Heroik Mayor Hasanuddin Sadik.

Jembatan Sepanjang, Sidoarjo, kini telah direnovasi dan menjadi indah dipandang. Namun di balik keindahan tersebut, tersimpan kisah sejarah perang 10 November 1945. Seorang pejuang berpangkat mayor gugur di bawah jembatan tersebut.

Pada kegiatan ini di hadiri warga masyarakat Karangpilang, Ketua RW Karang Pilang,ketua RT Karangpilang,ketua LPMK, komunitas sejarah Begandring Surabaya, Komunitas Sejarah Soerabaia Combine Reenactor , Babinsa, Bhabinkamtibmas.Bu Lurah selaku team penggerak PKK RW 1-4,karang taruna Kecamatan Taman.

Pratama Abdi  selaku ketua LPMK di akhir acara mengungkapkan, kegiatan sarasehan pada malam ini adalah pemaparan kejadian padavpertempuran November 1945 dan ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan teater kolosal yang akan kita laksanakan pada tanggal 26 November 2023.Maka dari itu  sebelum kegiatan teater kolosal di laksanakan kita berusaha mengenalkan kepada masyarakat tentang sejarah pertempuran yang ada di karang pilang, ungkapnya.

Lanjutnya, Kegiatan pada tanggal 26 November 2023 akan  laksanakan pada pkl 10.00 s/d 11.00 Wib pagi hari  dan para pemain sendiri kita kolaborasi dengan para komunitas pecinta Sejarah Begandring Surabaya, Soerabaia Combine Reenactor Surabaya, karang taruna kecamatan Taman, warga masyarakat karang pilang dan Sepanjang dengan catatan harus menggunakan outfit terkait pertempuran jaman dulu.

Abdi juga menyampaikan harapannya kegiatan kolosal  tahun depan dan seterusnya dapat terlaksanaka kembali sekaligus sebagai pengingat bahwa di jembatan ini pernah terjadi pertempuran dasyat.Semoga pelan -pelan bisa mengangkat Mayor Hasanuddin Sadik menjadi pahlawan Nasional serta masuk agenda kota Surabaya maupun Kabupaten Sidoarjo. 

"Tanggal 29 November 1945 merupakan tonggak pertempuran besar yang berada di jembatan sepanjang yang mana jembatan tersebut menghubungkan karang pilang dan sepanjang",Imbuhnya.

Reporter:bs


 

Hosting Unlimited Indonesia
Hosting Unlimited Indonesia
Hosting Unlimited Indonesia