Wabup Subandi Jenguk Warga Bluru Kidul Menderita Sakit Yang Hidup Sebatang Kara


Wabup Subandi jekuk warga Bluru Kidul yang sakit.foto:tri

SIDOARJO||KABARZINDO.com- Wakil Bupati Sidoarjo Subandi merasa iba setelah mendapatkan laporan adanya warga kurang mampu di Desa Bluru Kidul Kecamatan/Kabupaten Sidoarjo yang menderita sakit Diabet, Selasa (16/5/2023) pagi.

Suyono (66) dari Blitar yang sudah menjadi warga Bluru Permai CU-13 Desa Bluru Kidul Sidoarjo tersebut, menderita sakit diabet selama 2 tahun lamanya yang tinggal sendirian tanpa adanya istri dan anaknya.

Kondisi itu membuatnya kesulitan untuk beraktivitas setiap harinya. Turut mendampingi Kepala Desa Bluru Kidul,Dinas Sosial, Baznas dan Dinas Kesehatan Sidoarjo dan BPD juga Ketua RW setempat.


Saat menjenguk Suyono Subandi langsung meminta Dinas Kesehatan dan Dinas Sosial, serta Baznas Sidoarjo untuk segera melakukan tindakan. Dia meminta kepada Dinas Sosial agar Suyono  dibuatkan BPJS dari Pemkab Sidoarjo untuk  menanggung biaya pengobatannya. Hal tersebut sebagai bentuk kepedulian dan tanggung jawab pemerintah kepada masyarakat kurang mampu.

“Saya dapat info dari bapak lurah Bluru Kidul kalau ada warga kita yang sakit hidup sebatang kara,  maka dari itu kita butuh perhatian dari semua pihak, ini juga tanggung jawab kita bersama,” kata Subandi.

Dia mengatakan, nantinya warga kurang mampu seperti Suyono akan mendapatkan fasilitas kesehatan gratis yang dicover Pemkab Sidoarjo. Kebijakan tersebut merupakan program kesehatan gratis bagi masyarakat miskin oleh bupati bersama dirinya.

“Dengan program kesehatan gratis perlu kita sosialisasikan kepada warga yang tidak mampu ini bisa di cover Pemkab Sidoarjo melalui JKMM (Jaminan Kesehatan Masyarakat Miskin),” ungkapnya.

Terpenting, lanjut dia, warga tidak mampu yang butuh layanan segera tertangani, 

“Harapannya pada hari ini sebagai pelajaran bagi kita untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, Dinas Kesehatan bisa segera menindaklanjuti, Dinsos, Baznas Sidoarjo membantu kebutuhan sehari-hari,  merupakan bentuk kepedulian kita,” pungkasnya.

Sementara itu Kepala Desa Bluru Kidul Tri Prasetyono mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Sidoarjo yang sudah memberikan perhatian dan bantuan kepada warga Desa Bluru Kidul Sidoarjo. 

Reporter: tri


 

Hosting Unlimited Indonesia
Hosting Unlimited Indonesia
Hosting Unlimited Indonesia