Stand Pemkab Wakatobi Unggulkan Abon Ikan Dan Kripik Rumput Laut


Kepala Bidang Pengelolaan TPI Wakatobi Hardin mengaku seluruh produk UMKM berasal dari empat pulau.foto: ndr/red

Baubau,Kabarzindo - Stand Pameran Pemerintah kabupaten Wakatobi Unggulkan Hasil Perikanan dari 20 Pewakilan UMKM seperti Abon Ikan dan Keripik Rumput Laut, Jum'at (27/5/2022).

Selama lima hari sampai menjelang penutupan pameran, pengunjung rata-rata membeli produk olahan perikanan seperti abon ikan dan kripik rumput laut.

Ditemui Tim Kabarzindo di stand pameran Pemkab Wakatobi, Kepala Bidang Pengelolaan TPI Wakatobi Hardin mengaku seluruh produk UMKM berasal dari empat pulau, mulai dari Wangi-wangi hingga Binongko.

“Total binaan UMKM kami  di sektro perikanan dari empat pulau tersebut sejumlah 68 dengan produk berbeda-bedan namun paling dominan adalah abon dan olahan rumput laut,”tuturnya.

Kata Hardin, harga produk UMKM yang dipajang dipameran relatif terjangkau, mulai Rp 15.000 – Rp 50.000 perkemasan.


Selain menampilkan olahan ikan basah seperti baso ikan, di stand Wakatobi juga memajang aneka kerajinan tangan dari daun agel seperti tas hingga tenunan.

Diketahui potensi perikanan dan kelutan di wilayah yang terkenal akan surga bawah lautnya itu sangat potensial bahkan dikenal secara global.

Berdasarkan data Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Wakatobi, produksi perikanan Wakatobi terdiri dari perikanan tangkap 18.855 ton per tahun, rumput laut kering 2.506 ton per tahun, 5.000 kerang mutiara per tahun, dan budidaya laut 73,16 ton per tahun yang terdiri dari ikan kerapu, lobster, lencam, dan kuwe. 

Reporter: ndr


 

Hosting Unlimited Indonesia
Hosting Unlimited Indonesia
Hosting Unlimited Indonesia