Jalan Penghubung Wuwuk Rumoong Mulai Memprihatinkan


Jalan Penghubung Wuwuk Rumoong Mulai Memprihatinkan.foto:stevie

Minsel,kabarzindo.com- Jalan adalah sarana  berupa ruang sirkulasi yang dibuat untuk mempermudah transportasi melalui jalur darat. Jalan sudah ada sejak zaman manusia purbayang digunakan untuk berpindah tempat telusuri hutan. Dalam perkembangannya pada zaman dahulu manusia hanya mengenal jalan yang terbuat dari tanah dan hanya bisa di lalui dengan berjalan kaki ataupun dengan menggunakan kuda. 

UU nomor 34 tahun 2006 tentang Jalan - disebutkan bahwa jalan adalah prasarana transportasi darat yang meliputi segala bagian jalan, termasuk di dalamnya bangunan pelengkap dan perlengkapanya yang diperuntukkan bagi lalu lintas, yang berada pada permukaan tanah, di atas permukaan tanah, di bawah permukaan tanah dan/atau air, serta di atas permukaan air, kecuali jalan kereta api, jalan lori, dan jalan kabel.

Khusus di kecamatan Tareran kabupaten Minahasa Selatan, ada beberapa ruas jalan yang menjadi akses utama, salah satunya ruas jalan yang menghubungkan antara desa Rumoong Atas Dua menuju desa Wuwuk.

Akses tersebut menjadi salah satu pintu masuk kabupaten Minahasa Selatan dari arah kabupaten Minahasa. 

Yang menjadi masalah utama pada jalan trans Sulawesi yang ada di area kecamatan Tareran pada saat hujan intensitas tinggi yang terjadi pada ahad Februari Maret 2022 lalu. Ada beberapa lokasi di kabupaten Minahasa Selatan terjadi banjir disertai longsor. Salah satunya jalan penghubung desa Rumoong Atas Dua menuju desa Wuwuk kecamatan Tareran.

Pantauan media ini, sampai pada periode Mei 2022 lokasi tersebut belum disentuh pihak terkait yang membidangi perbaikan jalur jalan trans. 

Menurut beberapa masyarakat salah satunya Ferry Rumintjap warga desa Wuwuk Tareran, menjelaskan apabila perbaikan jalan tersebut masih menunggu waktu lama, bisa jadi akan putus total.

"Ruas jalan Rumoong Atas Dua menuju desa Wuwuk agar supaya dipercepat, sekarang sudah masuk musim penghujan, air pasti akan mengikis tebing jalan ini, datang lihat sendiri", ucapnya.

Ferry yang juga sebagai Pemerintah Desa mengharapkan pihak terkait bisa mempercepat perbaikan jalur transportasi tersebut, karena juga merupakan wilayah hukum desa Wuwuk kecamatan Tareran.

Terpantau keadaan jalan tersebut di palang memakai garis polisi oleh pihak kepolisian sektor Tareran karena sangat berbahaya bagi pengguna jalan yang melintas. 

Reporter: Stevie
Editor : is


 

Hosting Unlimited Indonesia
Hosting Unlimited Indonesia
Hosting Unlimited Indonesia