Gerak Cepat H. Mustofa Mengobati Hewan Ternaknya Yang Terinfeksi PMK


H. Mustofa saat menunjukan obat generik untuk pengobatan hewan ternaknya yang sulit berdiri dan gemetar. foto:tri/red

Sidoarjo,Kabarzindo.com- Penyakit mulut dan kuku (PMK) atau dikenal juga sebagai Foot and Mouth Disease (FMD) dan Apthtae Epizooticae adalah penyakit hewan menular bersifat akut yang disebabkan virus yang sangat menular pada hewan berkuku belah/bercabang dua misalnya sapi, babi, dan domba. 

PMK menyebabkan luka menyakitkan dan lecet pada kaki, mulut dan puting hewan. Hadirnya PMK pada ternak memiliki konsekuensi sangat tinggi karena penyakit ini berpotensi menyebar dengan cepat. Hal ini pernah terjadi di alami oleh H. Mustofa peternak sapi dan kambing dari Desa gagang Kepuhsari Kec Balongbendo Kab Sidoarjo,melihat puluhan sapi dan kambingnya terjangkit virus tersebut.

Ia menceritakan berawal dirinya membeli 2 ekor sapi di pasar hewan yang berada di Krian. Kedua sapi itu di masukan dalam satu kandang bersama hewan ternak yang lainnya. Dalam tempo dua hari, hewan ternaknya yang berkuku seperti sapi dan kambing mulai keluar lendir dari mulut dan berbusa.Luka-luka pada lidah,kaki,sariawan,sulit berdiri dan napas cepat. Melihat kasus seperti itu,Haji Mustofa mulai bertindak untuk melakukan pengobatan. 

"Saya melakukan pengobatan menggunakan bahan ramuan herbal seperti, kunyit, gula aren, dan telur lalu saya campur dengan air dan saya minumkan secara rutin,"katanya  kepada media, Selasa (10/5/2022) sore.

Sementara untuk hewan ternaknya seperti kambing yang sulit berdiri dan gemetar  H. Mustofa hanya menggunakan obat generik yang menghilangkan rasa nyeri dan obat linu-linu pada tulang sendi.

"Obat generik kita gerus jadi satu dan kita nyampurkan dengan air lalu kita minumkan 3 X sehari kepada kambing tersebut. Syukur alhmadulillah dengan cara pengobatan yang saya lakukan itu,sapi dan kambing saya semuanya sembuh dan mulai suka makan lagi dan sekarang sehat semua"tutur H. Mustofa yang tak lain juga adalah Kades Gagang kepuhsari ini. 

Selain ramuan herbal dan obat generik Mustofa juga menggunakan obat luar yaitu formalin yang berfungsi sebagai penguat atau pengeras kuku.

Reporter: tri
Editor : try


 

Hosting Unlimited Indonesia
Hosting Unlimited Indonesia
Hosting Unlimited Indonesia