Siswa-Siswi TK Perwanida Kunjungi Damkar Kota Baubau


Kunjungan para murid TK Perwanida untuk mengenal lebih dekat tugas-tugas pemadam kebakaran.foto :ndr

Baubau,Kabarzindo.com - Para murid TK Perwanida Mengunjungi Kantor Damkar Kota Baubau, Sulawesi Tenggara, Sabtu (5/3/2022). 

Kunjungan para murid TK untuk mengenal lebih dekat tugas-tugas pemadam kebakaran.
Kepala RA Perwanida Baubau, Wa Ode Muliani, S.PdI,.MMPd mengatakan kunjungannya bersama 230 anak di Kantor Damkar Baubau merupakan kegiatan ekstrakurikuler yang berkaitan dengan kendaraan.

“Jadi anak-anak kita arahkan kesini untuk memperkenalkan tentang pencegahan dan bahaya kebakaran. Artinya supaya anak-anak punya pengetahuan sejak dini bahwa kebakaran itu berawal dari api kecil hingga membesar maupun yang berkaitan dengan ledakan tabung gas,” jelasnya.

Kunjungan RA Perwanida disambut hangat oleh petugas Damkar dan Penyelamatan setempat. Kepala Bidang Kebakaran Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Baubau, Nur Alam Ndoaka mengatakan kegiatan seperti ini sudah sering diselenggarakan. Hampir setiap tahun anak-anak dari sejumlah TK/PAUD dan RA datang belajar dan bermain di Mako Damkar Baubau.

“Kami memperkenalkan cara-cara pemadam api, mengingatkan anak-anak agar tidak bermain api yang menimbulkan kebakaran. Kami juga memperkenalkan alat-alat pemadam kebakaran yang digunakan dilapangan saat terjadi musibah kebakaran,” terangnya.
Selain bertugas memadamkan api, Nur Alam menyampaikan bahwa Damkar juga bertugas sebagai tim peyelamatan (rescue). Sehingga jika ada hewan peliharaan yang terjebak di tempat tertentu agar segera menghubungi kantor Damkar.

“Anak usia dini memang harus mengetahui hal-hal apa saja yang menyebabkan kebakaran dan upaya pencegahannya. Harapkan kami adalah tingkat kebakaran di Kota Baubau semakin kecil,” imbuhnya.
Selain kepada anak-anak, Damkar dan Penyelamatan Baubau juga mengedukasi hal yang sama kepada para orangtua yang ikut mendampingi anaknya, khsusnya yang berkaitan dengan pencegahan ledakan tabung gas saat beraktifitas di dapur.

Agar tidak bosan, anak-anak diajak bermain flying fox, naik di atas mobil damkar dan menyemprotkan air dari selang mobil damkar. 

Reporter: ndr
Editor : tri


 

Hosting Unlimited Indonesia
Hosting Unlimited Indonesia
Hosting Unlimited Indonesia