La Ode Ahmad Monianse Ingin Pertahankan Prestasi Swasti Saba Wistara, Seluruh OPD dilibatkan


pertemuan bersama Forum Kota Sehat dan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Baubau.

Baubau, Kabarzindo.com- Pelaksana tugas (Plt.) Wali Kota Baubau La Ode Ahmad Monianse menginginkan mempertahankan prestasi Swasti Saba Wistara yang pernah diraih oleh Kota Baubau pada Tahun 2021 lalu, maka seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dapat dilibatkan. 

La Ode Ahmad Monianse melalui arahannya, pada saat menghadiri pertemuan bersama Forum Kota Sehat dan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Baubau, yang dilaksanakan di ruang kerja Wali Kota, Senin (7/3/2022).

La Ode Ahmad Monianse mengatakan, OPD yang tidak masuk di dalam kepengurusan Forum Kota Sehat juga memiliki potensi yang sama, untuk memberikan kontribusi dalam meraih prestasi Swasti Saba Wistara yang kedua kalinya pada semester kedua tahun 2022 ini.

“Kita butuh dukungan dari seluruh OPD, untuk itu kita akan buka pertemuan yang lebih luas lagi, agar kita memaparkan apa yang akan kita lakukan untuk bisa mempertahankan Wistara yang kedua. Di situ kita bisa melihat apa yang menjadi potensi dari masing-masing OPD yang bisa didistribusikan,” ujarnya.

Menurutnya, dengan keterlibatan seluruh OPD tersebut, energi yang akan dikerahkan oleh Forum Kota Sehat, dalam mempersiapkan diri untuk meraih kembali prestasi tersebut akan lebih ringan. Di mana, masing-masing OPD dapat diarahkan untuk bekerja lebih maksimal sesuai dengan format penilaian.

La Ode Ahmad Monianse menambahkan, hal yang perlu diperhatikan ialah tatanan yang menjadi fokus penilaian Kota Sehat. Untuk itu diharapkan, agar setiap gerakan yang dilakukan oleh OPD sesuai dengan format penilaian, sehingga apa yang dilakukan suatu OPD dapat bermakna di dalam sistem penilaian.

“Kalau memang kita ada keinginan untuk meraih kembali prestasi itu, maka rencana kerja kita harus tersistematis sampai dengan pembiayaannya. Memang kita saat ini sedikit kesulitan dengan dana, tetapi itu tidak boleh dijadikan alasan, karena kita bisa membuat skala-skala prioritas. Dan untuk meraih kembali Wistara ini juga prioritas, karena itu menjadi kebanggaan daerah," tutupnya.

Diketahui, pencapaian kesehatan di Kota Baubau selama 2 tahun terakhir selalu mengalami peningkatan. Hal tersebut dilihat dari prestasi yang diperoleh, mulai dari penghargaan Padapa, Wiwerda dan pada tahun 2021 Kota Baubau meraih Swasti Saba Wistara. Yang mana, Kota Baubau menjadi satu-satunya daerah penerima prestasi Kota Sehat mewakili Sulawesi Tenggara di level Nasional.

Adapun kriteria dalam meraih penghargaan tersebut adalah, Pada kualifikasi pemantapan (2 tatanan), Wiwerda untuk kualifikasi pembinaan (3 tatanan), Wistara untuk kualifikasi pengembangan (5 tatanan), Dan penghargaan Swasti Saba Wistara adalah puncak ketiga penganugerahan Untuk Kota Sehat.

Reporter : Ndr


 

Hosting Unlimited Indonesia
Hosting Unlimited Indonesia
Hosting Unlimited Indonesia