Mahasiswa KKN Trunojoyo Madura lakukan kegiatan kerja bakti dan Pemeriksaan jentik Nyamuk di Desa Buduran


Mahasiswa KKN Trunojoyo Madura Bersama Kades Buduran beserta warga.foto : try/KKN UTM

Sidoarjo,kabarzindo.com-Mahasiswa KKN Universitas Trunojoyo Madura melakukan kegiatan kerja bakti dan pemeriksaan jentik nyamuk ke setiap rumah warga yang berada di  lingkungan RW 02 Desa Buduran,Kec Buduran Kab Sidoarjo,Minggu (07/11/2021) pagi. 

Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan dalam pengabdian mahasiswa KKN UTM untuk bisa membantu kepada warga dalam hal kebersihan serta mengantisipasi adanya nyamuk demam berdarah.


 Ini merupakan salah satu program mingguan  di wilayah Desa Buduran, dilakukan setiap hari minggu pagi yang nantinya akan bergilir ke masing-masing RW. Tim KKN yang terdiri dari 20 orang Mahasiswa yang di pelopori Jihan, Dimas dan Wisnu dibantu oleh pegawai perangkat desa Buduran untuk berpencar kerumah-rumah warga agar pemeriksaan jentik bisa dilakukan dengan cepat selain itu ada beberapa mahasiswa yang ikut kerja bakti bersama warga.

Tri Agust selaku Ketua RW 02  mengatakan bahwasanya pemeriksaan jentik-jentik nyamuk ini perlu diberi perhatian lebih, karena dari jentik lah penyakit itu datang. Menurutnya hewan kecil seperti jentik jangan diremehkan karena meskipun kecil tapi memberi dampak yang negatif. 


Karena itulah pemeriksaan jentik-jentik nyamuk ini harus rutin dilakukan demi kemaslahatan bersama."Pemeriksaan jentik-jentik nyamuk yang ada di kamar mandi ini, perlu dilakukan pemeriksaan setiap saat kalau di bak kamar mandi ada jentik yang harus di kuras jangan dibiarkan saja karena dapat memberi dampak yang negatif,"tuturnya.

 Sementara itu Dimas Milzan S. S salah satu Mahasiswa KKN  UTM mengatakan,dalam pemeriksaan ini, data warga juga dicatat untuk mengetahui dimana saja yang positif ada jentik dan negatif jentik.

Adapun pemeriksaan jentik ini tidak hanya sebatas pada bak kamar mandi saja, tetapi juga di setiap genangan air yang ada di sekitar rumah warga misalnya pot bunga, endapan air dispenser,lemari es dan tempat lainnya yang sedikit besar kemungkinan besar ditempati oleh jentik nyamuk,"tuturnya. 

Setelah melakukan berbagai kegiatan ini, Mahasiswa berkumpul dan foto bersama untuk menghilangkan kelelahan karena sejak pagi Mahasiswa KKN UTM membantu warga untuk mengantisipasi lingkungan yang berpotensi menjadi sarang nyamuk Aedes Aegepty yang merupakan penyebab demam berdarah. 

Semoga kegiatan seperti ini terus diadakan untuk mencegah berbagai penyakit yang kemungkinan muncul."Terima Kasih buat adik-adik Mahasiswa KKN Universitas Trunojoyo Madura yang telah membantu kegiatan pagi hari ini,"Ujar Tri Agust Ketua RW 02 Desa Buduran.

Reporter : Tim
Editor : try


 

Hosting Unlimited Indonesia
Hosting Unlimited Indonesia
Hosting Unlimited Indonesia